Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Kuliah di Ilmu Administrasi Niaga UI

Sobat generasi putih abu-abu, kali ini admin memposting pengalaman kak  Achmad Raihan, alumni SSC Malaka yang telah menyelesaikan kuliah di program studi Ilmu Administrasi Niaga UI. Yuk simak ceritanya!

Foto oleh Dominika Roseclay dari Pexels

Kuliah di Ilmu Administrasi Niaga UI (Niaga UI) atau yang dikenal di kampus lain dengan nama Administrasi Bisnis adalah salah satu pengalaman paling berharga dalam hidup saya. Saya memilih untuk masuk ke Niaga UI karena saya memiliki minat di bidang bisnis dan ingin membuat sebuah bisnis. Pertama kali saya berkuliah di Administrasu Niaga UI, saya mendapatkan banyak mata kuliah yang sangat menarik salah satunya adalah Pengantar Pemasaran (PengMas).

PengMas merupakan mata kuliah favorit saya karena disana diajarkan secara mendalam mengenai dunia pemasaran/marketing terutama bagaimana caranya memasarkan suatu produk dan memberikan nilai perusahaan kepada pelanggan. Selain pemasaran, saya juga belajar mengenai beberapa aspek penting lainnya dalam suatu bisnis, yaitu Keuangan, Manajemen Sumberdaya Manusia, Supply Chain Management, Corporate Governance, dan mata kuliah penunjang lainnya. Di semester 5 saya pun diminta untuk memilih penjurusan dan saya memilih penjurusan pemasaran dimana saya mendapatkan mata kuliah seperti e-business, Digital Marketing, dan Pemasaran Sosial. Semua mata kuliah yang saya dapat menurut saya sangat relevan dengan dunia bisnis sehingga saya merasa sangat senang berkuliah di Administrasi Niaga UI.

Lalu, apa sih suka duka kuliah di Administrasi Niaga UI? Untuk suka duka berkuliah di Administrasi Niaga UI, sukanya yang pertama adalah seperti yang dijelaskan sebelumnya, yaitu mata kuliah yang relevan dan menyenangkan untuk dipelajari. Kedua, lingkungan pertemanannya. Diantara semua jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), menurut saya hanya mahasiswa di Administrasi Niaga UI yang memiliki balance yang baik antara bermain dan belajar. Selama kuliah, setiap ada waktu kosong saya dan teman-teman selalu mengisi waktu kami dengan bercanda, berbincang, atau sekedar berkumpul di kantin. Namun, ketika waktu ujian datang, kami semua fokus untuk belajar di rumah salah satu teman kami. Maka, tidak aneh jika banyak mahasiswa Administrasi Niaga UI yang meraih IPK diatas 3,5 dan lulus selama 3,5 tahun. Terakhir, dosen pengajar di Administrasi Niaga UI juga memiliki sistem mengajar yang sangat baik dan interaktif. Salah satunya adalah Prof. Chandra Wijaya dan Mbak Novita Ikasari yang merupakan dosen mata kuliah Kewirausahaan di semester 5-6. Pada mata kuliah tersebut, kami diminta untuk membuat suatu bisnis yang benar-benar berjalan dengan suatu inovasi yang menarik. Banyak sekali ide bisnis yang muncul dari mata kuliah ini. Salah satunya adalah ide bisnis saya dan 5 teman saya bernama Maen (ig: maenkartu) yang masih berjalan hingga saat ini kami sudah lulus dan berhasil memenangkan lomba Business Pitching Competition yang juga dibina oleh dosen-dosen di Administrasi Niaga UI.

Untuk duka nya, sebenarnya tidak ada yang sangat signifikan. Namun ada beberapa hal yang saya anggap masih bisa diperbaiki. Pertama, saya merasa untuk jurusan yang fokus pada bisnis, waktu 2 semester sangatlah tidak cukup untuk membuat bisnis. Pendeknya jangka waktu mata kuliah itu menyebabkan banyak sekali bisnis yang hanya dibuat untuk menyelesaikan mata kuliah tersebut. Menurut saya, jika dibuat lebih lama lagi maka mahasiswa akan memiliki ikatan khusus dengan bisnis yang dibuatnya dan bisnis tersebut dapat terus berjalan walaupun mata kuliah kewirausahaan telah selesai. Kedua, untuk mata kuliah peminatan pemasaran masih sangat sedikit, berbeda dengan peminatan keuangan. Namun walaupun sedikit tetapi mata kuliah yang ada sudah sangat baik dan relevan. Terakhir, duka yang dirasakan oleh saya dan mungkin seluruh mahasiswa Administrasi Niaga UI adalah kami tidak memiliki gedung dan masih menumpang di FISIP UI karena FIA UI baru berdiri di 2015 dan sebelumnya merupakan bagian dari FISIP UI. Dengan tidak memiliki gedung, kami terutama yang mengikuti organisasi tidak bisa melakukan aktivitas di lingkungan sendiri dan membutuhkan perizinan dari FISIP UI.

Jadi, dapat disimpulkan kalau kuliah di Administrasi Niaga UI itu sangat menyenangkan dan bermanfaat. Disini kalian tidak hanya belajar, tetapi kalian juga mendapatkan keluarga baru. Hal itu juga diucapkan oleh para mahasiswa baru setiap tahunnya. Walaupun kami belum memiliki gedung sendiri dan mata kuliah yang belum terlalu spesifik, tetapi saya percaya kedepannya Administrasi Niaga UI dan FIA UI akan memiliki hal tersebut.

Nah semoga teman-teman tertarik juga untuk kuliah di Ilmu Administrasi Universitas Indonesia.

Post a Comment for "Pengalaman Kuliah di Ilmu Administrasi Niaga UI"