Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perlu Tidak Sih Ikut Bimbel?

Pertanyaan terkait judul di atas seringkali kita dengar entah dari siswa ataupun orang tua. Jika mereka menganggap perlu, pertanyaan selanjutnya apakah bimbel menjamin siswa lolos ke sekolah atau PTN yang diincar? Dan sederet pertanyaan lainnya akan muncul kemudian.

Bimbel SSC Malaka
Bukan sekedar bimbel biasa...

Pada dasarnya Lembaga bimbingan belajar bertujuan menambah rasa percaya diri siswa dengan membekali kemampuan akademis disesuaikan dengan pilihan sekolah atau PTN yang disasar. Adakalanya siswa tidak realistis, bermimpi tembus PTN unggulan namun tidak mengukur kemampuan akademis yang dimiliki. Salahkah memiliki mimpi berkesempatan belajar di sekolah atau PTN favorit? Tidak ada yang salah karena sukses harus diawali mimpi.

Layanan bimbel lebih fokus mengasah kemampuan peserta dengan Latihan-latihan intensif menyelesaikan soal test masuk sekolah maupun PTN unggulan, selain kegiatan belajar mengajar penguasaan materi tertentu yang mungkin belum dikuasai siswa. Layanan konsultasi akademik juga disediakan oleh bimbel untuk mengarahkan siswa lebih realistis dalam memilih program studi dan PTN sesuai kemampuan akademis masing-masing.

Lalu apa manfaat siswa mengikuti bimbel?

Pertama, Meningkatkan penguasaan materi belajar. Padatnya target capaian kurikulum dan terbatasnya waktu pembelajaran di sekolah menjadi momok bagi guru dan siswa. Pembelajaran bersifat klasikal dan besarnya rombongan belajar per kelas, menyebabkan guru sulit memetakan kemampuan akademis masing-masing siswa. Bimbel hadir untuk melayani siswa yang merasa masih kurang paham akan materi belajar tertentu. Dengan kelas kecil, tentor bimbel mampu mendeteksi kemampuan peserta didik.

Kedua, Meningkatkan rasa percaya diri. Latihan penyelesaian soal-soal test secara intensif setidaknya mampu membangkitkan kepercayaan diri saat tiba mengikuti ujian sekolah atau seleksi masuk perguruan tinggi. Bimbel biasanya menyelenggarakan try out secara berkala untuk menukur kemampuan siswa menyelesaikan soal test.

Ketiga, Membantu mengurangi kecemasan orang tua jikalau putra-putrinya tidak diterima di sekolah atau perguruan tinggi yang diimpikan. Kesuksesan akademis siswa tentu tidak ditentukan sepenuhnya oleh sekolah atau bimbel. Orang tua pun seyogianya turut memantau perkembangan akademis putra-putrinya. Bimbel yang baik tentu secara periodic melaporkan perkembangan capaian akademik siswa kepada orang tua. Hasil tryout secara berkala disampaikan sekaligus didiskusikan kepada orang tua. 

Keempat, Menambah wawasan siswa terkait sekolah atau perguruan tinggi. Bimbel selalu memberikan layanan konsultasi terkait penjurusan dan prospek pekerjaan di masa mendatang. Bimbel selalu mengundang para alumninya untuk berbagi pengalaman kepada adik-adiknya. Pola seperti ini tentu akan meningkatkan motivasi siswa setelah mendengar sukses story dari kakak-kakak alumni. 

Tentu masih banyak manfaat lain dari layanan bimbel selain yang telah dipaparkan di atas. Selanjutnya Orang tua dan siswa secara cerdas memilih bimbel mana yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan mudah tergoda dengan rayuan dan janji-janji muluk bimbel yang menawarkan bocoran soal test masuk sekolah atau PTN unggulan. Pilihlah bimbel yang tidak mengumbar pepesan kosong. Carilah bimbel yang bukan sekedar bimbel biasa. Semoga bermanfaat [ ]


Post a Comment for "Perlu Tidak Sih Ikut Bimbel?"